Komputer
ILMU
KOMPUTER DAN INTERNET
Definisi Komputer
Computer berasal dari bahasa latin computare
(to compute/to reckon) yang artinya
menghitung.
Menurut Blissmer (1985),
komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas,
yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan,
menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output
dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders
(1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Pada intinya dapat disimpulkan
bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input,
mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan
di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja
secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah
penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan
data elektronik atau elecronic data processing (EDP).
Data adalah kumpulan kejadian yang
diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf,
simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat
bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu
proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih
berarti, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil
dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna
dari suatu fakta.
Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah
proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu
informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu computer
SEJARAH KOMPUTER
Abacus (500 SM - 1500 M)
Sejarah
komputer dimulai dengan ditemukannya Abacus pada tahun 500 SM di Asia Kecil dan
masih digunakan sampai saat ini.
Abacus merupakan sebuah alat yang menggunakan
biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak untuk melakukan perhitungan.
Abacus banyak digunakan oleh para pedagang untuk menghitung transaksi
perdagangan.
Blaise Pascal (1623 – 1662)
Seorang pemuda yang saat itu menginjak dewasa
menemukan sebuah alat yang disebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical
wheel calculator). Ide pembuatan alat ini adalah untuk membantu pekerjaan
ayahnya dalam perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang
dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung
bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk
melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf
Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan
membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik
ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Barulah pada tahun 1820,
kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin
yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar,
arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi
karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian. Dengan
kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan
hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan
Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya
dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).
Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan
matematika.
Usaha Babbage yang pertama untuk
menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin
untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan
Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat
menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara
otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin
Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai
membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) atau
yang biasa disebut Lady Ada Byron memiliki peran penting dalam pembuatan mesin
ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris,
dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita
yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan
sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929)
juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas
pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan
bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun
1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan
berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu
sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu
perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut
secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan
menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam
minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut
berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga
dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut
dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company
pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924)
setelah mengalami beberapa kali merger.
Pada masa berikutnya, beberapa
insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat
sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.
Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama
ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.

dinyatakan sebagai benar atau salah.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur
Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan
peluru kendali
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam
pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan
komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan
kode-rahasia yang digunakan Jerman.
Howard H. Aiken (1900-1973),
seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi
kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang
setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.
The Harvd-IBM Automatic
Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan
komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan
lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap
perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada
masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC),
yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of
Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta
titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang
mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert
(1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat
dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von
Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha
membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic
Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori
untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer
untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit
pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal
Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer
komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang
berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan
komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Ciri lain komputer generasi
pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa
tersebut berukuran sangat besar) dn
silinder magnetik untuk penyimpanan
data.
Komputer
Generasi Pertama
Mauchly
and Eckert: ENIAC (1943-1946)
–
Electronic Numerical Integrator and Computer
–
Menempati 15,000 sq. ft. building
– 30 tons
– lebih merupakan mesin desimal dibanding sebagai
mesin biner
–
Memorinya terdiri dari 20 “akumulator”
Von Neumann
(1945)
•
Stored-program concept merupakan sebuah konsep
yang memungkinkan sebuah proses pemrograman direpresentasikan dalam bentuk yang
cocok untuk penyimpanan didalam memori untuk semua data. Setelah itu, komputer
dapat mengambil instruksi-instruksinya dengan membacanya dari memori, dan
sebuah program dapat disetel atau diubah dengan penyetelan nilai-nilai bagian
memori.
Generasi II
Menggantikan penggunaan vaccum tubes dengan solid state
devices yang terbuat dari silicon dan lebih dikenal dengan transistors.
Transistor ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 dan pada 1950 telah meluncurkan
revolusi elektronik.
Kelebihan
•
Kapasitas
yang dipunyai semakin besar;
•
Makin
lebih luas penggunaannya;
•
Fasilitas
programnya makin lengkap;
•
Digunakannya multiprogramming dan
multiprocessing;
•
Real-time
processing;
•
Secara
fisik lebih kecil;
•
Digunakannya random access devices seperti
disk storage dan drum;
•
Adanya fasilitas data communication equipment,
dimana data dari suatu lokasi dapat langsung diolah oleh komputer yang
berada di lokasi lain;
•
Digunakannya MICR (magnetic ink character reader)
yaitu penggunaan tulisantulisan tangan dengan tinta khusus yang dapat dibaca
langsung oleh komputer.
•
Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
•
Transistor mulai digunakan di
dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yanglebih
kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding
para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer.
Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di
dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yanglebih
kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding
para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer.
IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Komputer generasi kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak
hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup
besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu
kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur
di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated
circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasika tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Para
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer
menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor
dan mengkoordinasi memori komputer.
Generasi IV
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusankomponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen
dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration
(ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun
1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari
sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output)
dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan
suatu tugas tertentu yang spesifik.
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya
sendiri.
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi :
•
Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa
data analog. Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
•
Komputer Digital, menerima masukan digital,
merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
•
Komputer hibrid, menerima masukan analog dan
digital
•
Berdasarkan Ukuran
•
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya,
komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
•
1. Supercomputers
•
Superkomputer
adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama
kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan
pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di
pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk
perusahaanya sendiri, Cray Research.
•
Berdasarkan Ukuran
•
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya,
komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
•
1. Supercomputers
•
Superkomputer
adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama
kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan
pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di
pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk
perusahaanya sendiri, Cray Research.
•
Notebook Computers
Laptop
(dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer portabel
(kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi pada
sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 3 kilogram tergantung dari
ukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C
adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop
itu sendiri. Baterai Laptop
pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian,
spesifikasi, dan ukuran baterai.
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan
tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
•
General Purpose, merupakan komputer yang
dikembangkan untuk kebutuhan umum.
Contoh : PC, Notebook, dll
•
Special Purpose, merupakan komputer yang
dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk meramal cuaca.
COMPUTER
HARDWARE
•
Input: keyboard, mouse, microphone, camera

•
Output:
disk file, printer, video monitor, sound card
•
Storage: floppy disk, hard disk, zip disk, tape,
flash disk, compact disk
•
Process: arithmetic/logical/sorting/match
operations

Komputer
memiliki 3 komponen utama yaitu :
•
Hardware (Perangkat Keras) adalah peralatan yang
langsung dihubungkan ke komputer.
•
Software (Perangkat Lunak) adalah kumpulan
instruksi yang memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu.
•
Brainware (Manusia) merupakan orang yang
menggunakan komputer untuk keperluan tertentu.
•
Komponen Dasar Komputer :
•
Motherboard : adalah papan sirkuit yang
ditempeli dengan CPU, memori utama, video card, RAM, serta berbagai komponen
lain yang mendukung kinerja suatu komputer.
•
CPU (Central Processing Unit) : menunjuk ke
bagian dari komputer yang memahami dan melaksanakan instruksi dan data yang
terdapat dalam perangkat lunak. Istilah yang lebih umum prosesor kadangkala
digunakan untuk menunjuk ke CPU. Mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam
sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket chip-tunggal. Sejak pertengahan
1970-an, mikroprosesor chip-tunggal ini telah menjadi umum dan penting dalam
implementasi CPU.
•
Chasing
: bentuknya bermacam-macam yaitu tempat untuk meletakkan semua komponen
(perangkat keras komputer).
•
Memory : adalah sebuah tipe penyimpanan komputer
yang isinya dapat diakses dalam urutan acak. Ini berlawanan dengan alat memori
urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari
media penyimpanan memaksa
komputer untuk mengakses data secara berurutan. Biasanya RAM dapat
ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM),
RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer
untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat
menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder
jangka-panjang.
•
Tipe Memory :
•
RAM
(Random Access Memory)
•
FPM DRAM
•
Fast Page Mode (FPM) DRAM Standar
DRAM diakses dengan menggunakan teknik yang dinamakan paging. Akses memori
secara normal membutuhkan kolom dan baris yang dipilih dimana membutuhkan
waktu.
•
EDO RAM
EDO (Extended Data Out) RAM Pertama kali digunakan pada mesin Pentium
pada tahun 1995. EDO Ram adalah hasil modifikasi dari FDM memori. EDO
ditemukan dan dipatenkan oleh Micron Technology.
•
Burst EDO
Merupakan
variasi dari EDO adalah Burst Extended Data Out Dynamic Random Access Memory (BEDO RAM).
•
SD RAM
Synchronous
DRAM, adalah type DRAM yang berjalan dengan mensinkronisasikan dengan bus
memory. DRAM mengirimkan informasi dengan kecepatan yang luar biasa. Dimulai
pada tahun 1997 dengan chipset 430VX dan 430TX, sebagian besar dari Chipset
Intel sudah mendukung penggunaan SDRAM yang menjadikannya populer di system
yang baru.
•
DDR
Double
Data Rate (DDR) SDRAM adalah design evolusi terbaru dari SDRAM standar yang
dapat mengirimkan data dua kali lebih cepat.
ROM
(Read Only Memory)
Merupakan
type memori yang secara permanen atau semi permanen menyimpan data. Dinamakan
read-only karena sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menulis ke dalam
memori jenis ini. ROM sering disebut sebagai nonvolatile memory karena data
yang telah disimpan ke dalam memori ini akan tetap berada di situ, bahkan
ketika catu daya dimatikan.
ROM memiliki 4 program utama yaitu :
•
POST
(Post On Self Power). Kumpulan dari perintah untuk mengetes semua
komponen system berjalan sebagaimana mestinya.
•
CMOS Setup. Aplikasi yang mengijinkan pengguna
untuk mengeset konfigurasi system, option, setting keamanan dan preferences.
•
Bootstrap Loader. Fungsi yang pertama kali
melakukan scan terhadap Floopy drive dan hardisk untuk mencari sitem operasi
untuk dijalankan.
•
BIOS (Basic Input/Output System). Kumpulan dari
driver yang didesain untuk melakukan
pengaturan terutama perangkat keras yang dijalankan selama proses boot.
Empat macam
Chipset ROM :
•
ROM
(Read Only Memory).
•
PROM (Programmable ROM).
•
EPROM (Erasable PROM).
•
EEPROM
(Electrically Erasable PROM) sering juga disebut flash ROM.
•
Monitor : merupakan sebuah output device yaitu
untuk menampilkan data atau informasi ke layar.
•
Hard disk (Hard Drive): merujuk kepada sebuah
komponen yang digunakan untuk menyimpan data, yang terpasang di dalam komputer
dan dapat menyimpan data dengan lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data
portabel seperti disket,
CD-ROM, atau kaset.
Data-data dalam hard disk
disimpan di permukaan magnetis yang berputar.
•
Floopy Drive : adalah sebuah perangkat
penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat
yang tipis dan fleksibel dan dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau
persegi panjang. Disket "dibaca" dan "ditulis" menggunakan
floppy disk drive, yang terletak di CPU. Kapasitas disket yang paling umum
adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.
•
CD Room
Compact
Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data
digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital. CD diperkenalkan pada tahun 1982,
dan tetap menjadi format standar pemutaran rekaman audio komersial per
pertengahan 2006. Sebuah CD audio mengandung satu atau lebih track stereo yang
disimpan dengan coding 16-bit PCM pada rasio sampling 44.1 kHz. CD standar
memiliki diameter 120 mm atau 80 mm. Piringan 120 mm dapat menampung sekitar 80
menit audio. Piringan 80 mm, yang kadang digunakan untuk CD single, menampung
sekitar 20 menit audio. Teknologi piringan kompak kemudian diadopsi untuk
digunakan sebagai alat penyimpan data, dikenal sebagai CD-ROM, dan untuk media
yang dapat ditulis sekali dan berulang kali (CD-R and CD-RW). CD-ROM dan CD-R tetap digunakan secara luas dalam industri
PC per tahun 2006. CD dan jenisjenis pengembangannya telah sukses secara
luar biasa: pada tahun 2004, penjualan
dunia untuk CD-Audio, CD-ROM, and CD-R mencapai sekitar 30 milyar
keping.
•
Keyboard, keybor atau papan ketik adalah
peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga
untuk mengontrol pengoperasian komputer.
Keyboard
terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol
tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan
huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu
bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang
akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
•
Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada
keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang
sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.
QWERTY adalah salah satu jenis tata letak
tombol-tombol pada keyboard. Tata letak QWERTY ini pertama kali di
gunakan pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874.
Keyboard
tipe baru biasanya mempunyai tombol-tombol tambahan pada bagian atasnya (di
atas tombol F1, F2, dll) untuk mempermudah pengguna dalam mengakses isi
komputer. Selain itu, keyboard baru juga banyak yang nirkabel.
•
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan
data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus
yang menjadi asal nama bahasa Inggrisnya (mouse). Mouse pertama kali diciptakan
pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dengan 1 tombol dan terbuat dari kayu. Model kedua kemudian sudah dilengkapi dengan
3 tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat
mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama
"'X-Y Position Indicator'".
•
Bentuk
mouse yang umum adalah dua tombol - masing-masing di kiri dan kanan yang bisa
"diklik". Meskipun begitu, komputer-komputer Macintosh umumnya menggunakan mouse satu tombol. Mouse
bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata.
mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar
optik untuk mendeteksi gerakan pemakai. Selain itu, ada pula yang sudah
menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah maupun
bluetooth.
Komponen Tambahan :
Sound
Card : Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang
digunakan untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai
pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di
setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
•
Sound
Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard
komputer.
•
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang
pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
•
Soundcard External, adalah sound card yang
penggunaannya disambungkan ke komputer
melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
•
LAN Card
LAN Card adalah alat yang
digunakan untuk menyambungkan 2 buah komputer atau lebih dengan
menggunakan media transmisi seperti kabel, infra merah dan lain sebagainya.
CD
Writer / DVD Writer

Modem
Modem (Modulator
Demodulator) merupakan sebuah alat yang dapat mengubah sinyal analog menjadi
sinyal digital dan sebaliknya sinyal digital menjadi sinyal analog.
•
Card Reader
•
Microphone, camera.
COMPUTER
SOFTWARE
Software (Perangkat Lunak)
digunakan untuk memerintahkan mesin untuk melakukan sesuatu.
Komputer
merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di
gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah.
Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak.
Bentuk
terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika
(AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini di susun program / perangkat
lunak.
Data
yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan
dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film).
Sejauh
perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital
dengan satuan bit (binary digit).
PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
Dari
perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan
interaksi manusia dengan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari
perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai
binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah
pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut
menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di
susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi
aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang
di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan
karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan)
penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris).
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
• Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar
berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
• Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar
berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan
satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara
langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses
yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan
di proses.
• Era Stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan
akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi
satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak
(multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna
(multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang
di proses).
• Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya
PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk
memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan
tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu
jenis kecerdasan buatan.
• Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana,
tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer
genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan
dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga
ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan
itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan
sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi
pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai
disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh
perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat
lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak secara umum
dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
• Bahasa pemrograman : merupakan perangkat
lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang
manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa
pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
• Sistem Operasi : saat komputer pertama kali
di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi
yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal,
memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian,
contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
• Utility : sistem operasi merupakan perangkat
lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras
(hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik),
mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton
Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian
perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum
tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi
Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan
(game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di
bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi
office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel
(pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah
aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp
untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat
digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan
adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian
perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum
tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi
Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan
(game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di
bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi
office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel
(pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah
aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp
untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat
digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan
adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya
untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel
(gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan
matematis).
Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan
prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang
kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat
lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak
sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum
terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang
bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena
bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga
hasilnya dapat di tambah atau di modifikasi oleh setiap orang.
Sementara
interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang
pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah(1), atau dengan
cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis (2).
Copyright dan Copyleft
COPYRIGHT
yang disebut dengan Hak Cipta, belakangan muncul istilah Copyleft yang
diciptakan sebagai bentuk perlawanan terhadap copyright. Tetapi tidak berarti
copyleft menentang perlindungan terhadap hak cipta seseorang. Justru copyleft
memanfaatkan aturan dalam copyright, tetapi dengan tujuan yang berbeda.
Copyleft
tidak berambisi menjadikan suatu karya cipta sebagai milik pribadi, tetapi
justru menginginkan agar karya cipta yang berbentuk perangkat lunak tersebut
tetap bebas (free software).
Yang
harus diperhatikan hanyalah penggunaan free software itu harus patuh terhadap
aturan General Public License (GPL) yang menghendaki setiap pendistribusian ulang perangkat lunak berstatus Copyleft
haruslah tetap bebas. Kebimbangan dari segi Hukum telah menyebabkan perusahaan
bimbang dalam menggunakan program komputer berbasis free software. Kepastian
dalam bidang hukum terutama dalam bidang hak cipta berkaitan dengan aspek
penggunaan dan juga pengembangan free software dapat menjadi suatu insentif
dalam perkembangan beragam free software.
Copyleft
merupakan metoda umum untuk membuat sebuah program menjadi perangkat lunak
bebas, serta menjamin kebebasannya untuk semua modifikasi dan versi-versi
berikutnya.
Cara
termudah untuk membuat sebuah program bebas ialah meletakkannya di public
domain tanpa hak cipta. Jika berniat baik, cara ini memang dapat menjadi sarana
saling berbagi program serta melakukan perbaikan. Namun tanpa niat baik, ada
kemungkinan untuk mengubah program tersebut menjadi perangkat lunak berpemilik.
Dengan sedikit (atau banyak) perubahan, program tersebut dapat didistribusikan
kembali sebagai perangkat lunak berpemilik. Orang yang menerima program yang
telah diubah tersebut tidak lagi memiliki kebebasan sebagai mana yang diberikan
oleh pembuat aslinya; karena
dirampas oleh para perantara.
Beberapa
kalangan developer dan vendor menganggap terlalu ketatnya lisensi GPL di atas,
sekali GPL maka turunan karya software harus GPL juga, hal ini mengurangi
pengembangan yang dibutuhkan oleh vendor atau developer tertentu sebagai
bentuk Free as Free Speech, tidak hanya Free sebagai Freedom. Beberapa evangelist Free Software seperti Bruce Perens
dan Eric Raymond membentuk Open Source Initiative (OSI) dengan konsep Open
Source Software (OSS) di tahun 1998 yang mengembangkan konsep Open Source yang
lebih lebar dibandingkan dengan Free Software, sehingga Free Software atau GPL
compliant atau tunduk dalam konsep Open Source yang lebih open.
• Definisi Open Source dari OSI saat ini sudah
mencapai versi 1.9 dengan sepuluh konsep yaitu: Free Redistribution.
Bebas untuk didistribusikan ulang.
• Source Code.
Source code harus tersedia bebas.
• Derived Works. Boleh dimodifikasi/diturunkan
dengan lisensi yang sama.
• Integrity
of The Author’s Source Code. Source code asli boleh restricted (didistribusikan tanpa dimodifikasi) asal
memperbolehkan distribusi modifikasi/turunan dalam bentuk patch.
• 5.
Discrimanations Againts Persons or Groups. Tak ada diskriminasi terhadap orang atau kelompok tertentu.
• Discrimanations
Againts Fields of Endeavor. Tak ada diskriminasi terhadap pemakaian dalam bidang tertentu.
• Distribution of License. Lisensi harus
disertakan dalam setiap produk software dan turunannya.
• License
Must Not Be Specific to a Product. Lisensi tidak boleh hanya untuk produk tertentu.
• License
Must Not Restrict Other Software. Lisensi tidak boleh membatasi software lain.
• License
Must Be Technology-Neutral. Lisensi harus netral terhadap teknologi pendistribusian, misalnya tidak boleh
mendistribusikan hanya dalam media CDROM saja.
Lisensi
Lisensi
merupakan perangkat hukum yang berbeda dibandingkan dengan pengalihan hak cipta. Pihak
yang mendapatkan lisensi program komputer bukan merupakan pemilik dari program komputer. Lisensi
hanyalah sebuah izin yang diberikan oleh pemilik hak cipta kepada pihak lain
untuk menggunakan beberapa hak yang dimiliki oleh pencipta dan sama sekali
bukan merupakan pengalihan kepemilikan atas hak cipta.
Software dapat dikategorikan menjadi tiga
berdasarkan cara mendapatkannya : Software
dapat dikategorikan menjadi tiga berdasarkan cara mendapatkannya :
• Freeware
Program
/ aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna
secara bebas.
• Shareware
Program
/ aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan oleh pengguna
secara bebas tetapi biasanya pembuat program mengharapkan kontribusi dari
pengguna programnya. Kontribusi ini biasanya berupa uang.
• Commercial
Program
/ aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna pada umumnya. Biasanya dikemas
dalam sebuah box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dan buku panduan. Untuk dapat
menggunakan program ini pengguna harus membelinya.
Software terbagi menjadi 2 :
1.
System Software
System
software atau yang biasa disebut sebagai Operating System (sistem operasi)
dibuat oleh berbagai perusahaan atau komunitas internet tertentu. Sistem
operasi banyak berupa software komersial tetapi ada juga beberapa yang dapat
diperoleh dengan gratis.
Contoh
system software:
• DOS (Disk Operating System)
• Linux
• Windows
• FreeBSD
• Mac OS
• Be Os
• Windows CE
2. Applications Software
• Word Processing
• Electronic Spreadsheet
• Database management
• Graphics
• Communications
• Office suite
• Aplikasi Multimedia
• Aplikasi Internet
Langganan:
Postingan (Atom)